Thursday, May 31, 2012

Hibah Laboratorium Sains Perguruan Tinggi

 

Penawaran Hibah Laboratorium Sains Perguruan Tinggi Berbasis SNI ISO/IEC 17025-2008

Yth. Bapak/Ibu Pimpinan Perguruan Tinggi

Guna meningkatkan kualitas Pendidikan Tinggi di bidang sarana dan prasarana terutama laboratorium, Ditjen Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melaksanakan Program Hibah Laboratorium Sains Perguruan Tinggi Berbasis SNI ISO/IEC 17025-2008 sejak tahun 2011. Program ini berupa hibah yang diberikan untuk memfasilitasi inisiasi pelaksanaan akreditasi ISO/IEC 17025 ke Komite Akreditasi Nasional (KAN). Sejak tahun 2011, sudah ada 9 laboratorium yang diberikan hibah. Sedangkan pada tahun 2012, hibah diberikan kepada 5 laboratorium.

Pada tahun ini, kami masih menawarkan Hibah Laboratorium Sains Perguruan Tinggi Berbasis SNI ISO/IEC 17025-2008 bagi perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk dibiayai pada tahun 2013. Pengusul yang diperkenankan untuk menyampaikan proposal adalah semua laboratorium yang belum pernah mendapatkan hibah Laboratorium Sains Perguruan Tinggi Berbasis SNI ISO/IEC 17025-2008 sebelumnya. Setiap pengusul hanya diperkenankan untuk mengirimkan satu proposal.

Proposal yang diajukan disusun berdasarkan Buku Panduan Penyusunan Proposal Hibah Laboratorium Sains Perguruan Tinggi Berbasis SNI ISO/IEC 17025-2008 (terlampir). Surat penawaran ini serta buku panduan tersebut dapat diakses di laman Ditjen Dikti (http://dikti.kemdiknas.go.id). Proposal harus sudah diterima di Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Dikti paling lambat 31 Juli 2012.

Demikian informasi kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama yang baik disampaikan terima kasih.

download dokumen:

http://dikti.kemdiknas.go.id/attachments/article/2893/Panduan%20Proposal%20lab.%20tahun%202012.pdf

http://dikti.kemdiknas.go.id/attachments/article/2893/surat%20pengajuan%20proposal%202013.pdf

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan,

TTD

Illah Sailah
NIP. 195805211982112001

Friday, May 25, 2012

Bermain Matematika

Rabu, 23 Mei 2012, bertempat di aula Hotel Bandung Permai, saya menguji peer teaching guru-guru peserta PLPG. Salah seorang guru mengajar matematika. Di awal pembelajaran, ia membangkitkan minat belajar matematika dengan melakukan tebak-tebakan:

Pertama, ia meminta salah seorang siswa (peserta lain) untuk menentukan bilangan ratusan yang terdiri dari tiga dijit angka, misalnya 136. Tentu saja tanpa menyebutkan bilangan tersebut pada ‘sang Guru’.

Kedua, ia meminta siswa menjumlah ketiga angka. Dalam hal ini, 1 + 3 + 6 = 10.

Ketiga, ia meminta siswa mengurangkan bilangan ratusan yang telah ditentukan dengan hasil penjumlahannya, yaitu: 136 – 10 = 126.

Keempat, ia meminta siswa menyebut ‘salah dua’ dari tiga angka hasil perhitungan. Boleh 1 dan 2, atau 1 dan 6, atau 2 dan 6.

Terakhir, ia menebak dengan benar angka ketiga yang tidak disebutkan.

Benar-benar menarik. Peserta lain, yang sebenarnya guru juga, bertanya-tanya: “Kok bisa?” Sayangnya, ketika mereka bertanya bagaimana logikanya, ‘sang Guru’ tidak mampu menjawab.

Karena yakin permainan ini akan bermanfaat, sebagai oleh-oleh ketika guru-guru kembali mengajar di sekolah masing-masing, di akhir sesi saya membongkar rahasianya.

Klik tautan berikut: http://adf.ly/8yPFV.

Thursday, May 10, 2012

Matemania’s BLog

Berikut adalah daftar blog mahasiswa atau alumni matematika (Unej). Penulisan berdasar ‘pendaftaran’ pada saya, yaitu berupa undangan untuk mengunjungi.

Muhammad Erfan | 2003 | http://erfanmath.wordpress.com

Juhari | 2003 | http://joemaths.blogspot.com

Rifki Juli | 200  | http://gurumatematics.blogspot.com

Ikhsanul Halikin | 200  | http://www.cakrawala-ilmu-kita.blogspot.com

Jika Anda memiliki blog –mengenai matematika—atau mengetahui alamat blog teman yang belum terdaftar, silahkan tulis di komentar.

Soal OSK #1

 

Back Ground

Sekali lagi, saya diundang oleh mahasiswa (atau mantan mahasiswa? sudah lulus atau belum?) menjadi anggota grup diskusi di Facebook membahas topik matematika. Nama grupnya, MATEMATIKA INDONESIA. Alamatnya di: http://www.facebook.com/groups/451723864844903/

Foto Sampul

Terus terang, saya sangat senang. Pertama, karena mereka memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Kedua, sebagai dosen mereka antara lain matakuliah Pengantar Teknologi Informasi, saya yang pernah ‘mengompori’ mereka untuk memanfaatkan TI. Ketiga, setelah mereka lulus (Amin), stay connected, di antara sesama maupun antara mereka dengan saya.

Dalam forum diskusi tersebut, mengemuka pembahasan soal-soal OSK, sebagaimana tertulis pada bagian berikut, termasuk diskusi diantara mereka. Saya hanya nimbrung dengan men’jempol’i salah satu jawaban. Saya lebih suka membahas menggunakan media blog, selain mengasah kemampuan menulis. Di samping itu, saya maksudkan untuk ‘mengompori’ mereka agar juga menulis blog.

Fathul Hilal

Soal OSK No.13

Diketahui abc dan def adalah bilangan yang terdiri dari 3 angka (digit) sehingga abc + def = 1000. Jika a,b,c,d,e atau f tidak satupun yang sama dengan 0, maka nilai a + b + c + d adalah ....

A. 25

B. 26

C. 27

D. 28

E. 29

10 point untuk yang bisa jawab...

hehehehe


Mumu Muchsin Alhaddar jwbnx a lal

Firdian Wahyu Rahmatulah klo soalnya a+b+c+d+e+f jawabanya 28

Firdian Wahyu Rahmatulah tpi klo a+b+c+d
sek nyari wangsit lagi...

Firdian Wahyu RahmatulahMumu Muchsin Alhaddar minta caranya donk...

Fathul Hilal Aq jawabnya 26

Fathul Hilal Hehhe

Firdian Wahyu Rahmatulah cara cara

Fathul Hilal ‎889 + 111 = 1000
a = 8, b = 8, c = 9 , d = 1

Firdian Wahyu Rahmatulah tapi kan ada juga 879+121=1000
a=8,b=7,c=9,d=1
jawaban 25

Firdian Wahyu Rahmatulah yang na yang bner???

Mumu Muchsin Alhaddar ah hlal kurang syaratx cb a b c d e f tidak prnah ber ulang shingga yg mmungkinkan nilaix 679 +321

Fathul Hilal hehehe,, gad ktrngan blh brulang pa ndak seh...

Mumu Muchsin Alhaddar ya pak boz jdi kmungknan bxk

Faisal Criix-criix Aku milih yang betul.

Fathul Hilal trus ambil mana ni enaknya?

Faisal Criix-criix Milih yg benar!

Mumu Muchsin Alhaddar nek g ad sratx smua bner. Nek pkai syarat ya 25 hsilx

Faisal Criix-criix Syarat apaan tu.

Muhammad Singgih Prastio aku telat lagi nih ....

Muhammad Singgih Prastio coba nih
538 + 462 = 1000
5 + 3 + 8 + 4 + 6 = 26

Faisal Criix-criix Soalnya ngco

Muhammad Singgih Prastio mungkin gini mas ..bilangan tersebut tidak ada yng blh sama ...bgitu kali ,,,

Pembahasan

Sebagai pengingat, saya tulis kembali soalnya:

Diketahui abc dan def adalah bilangan yang terdiri dari 3 angka (digit) sehingga abc + def = 1000. Jika a, b, c, d, e atau f tidak satupun yang sama dengan 0, maka nilai a + b + c + d adalah ....

Pertama, bilangan abc dan def terdiri dari angka-angka yang berbeda. Seandainya boleh sama, maka akan ditulis, misalnya: aaa dan bbb.

Kedua, saya sependapat dengan Firdian Wahyu Rahmatulah klo soalnya a+b+c+d+e+f jawabanya 28. Sayangnya tanpa disertai pembahasan ;-(

Untuk itu, saya bahas sbb:

dik: abc + def = 1000

Kita mulai perhitungan dari ‘belakang’, satuan dari hasil perhitungannya.

c + f  sama dengan bilangan dengan satuan 0. Karena a, b, c, d, e atau f tidak satupun yang sama dengan 0, maka c + f tidak sama dengan 0. Bilangan 20 dan kelipatan 10 lainnya tidak mungkin, karena 9 + 9 hanya = 18. Satu-satunya kemungkinan adalah:

c + f = 10 (i)

Dengan demikian kombinasi yang mungkin adalah:

1 + 9, 2 + 8, 3 + 7, 4 + 6

atau kebalikannya:

9 + 1, 8 + 2, 7 + 3, 6 +4

Coba jelaskan mengapa tidak 5 + 5?

Penjumlahan satuan dan satuan menghasilkan bilangan puluhan, yaitu menyimpan 1.

Berikutnya, b + e + 1 =10 (mengapa?) atau dapat ditulis b + e = 9 (ii)

1 + 8, 2 + 7, 3 + 6, 4 + 5

atau kebalikannya:

8 + 1, 7 + 2, 6 + 3, 5 + 4

Penjumlahan puluhan dan puluhan menghasilkan bilangan ratusan, yaitu menyimpan 1.

Berikutnya, a + d + 1 =10 (sekali lagi, mengapa?) atau dapat ditulis a + d = 9 (iii)

1 + 8, 2 + 7, 3 + 6, 4 + 5

atau kebalikannya:

8 + 1, 7 + 2, 6 + 3, 5 + 4

Nah, perhatikan

c + f = 10 (i)

b + e = 9 (ii) dan

a + d = 9 (iii)

sehingga a + b + c + d + e + f = 28 (iv)

Ini solusi (selesaian) yang masuk akal dan tunggal.

Berikut adalah 3 contohnya:

321 + 679 = 1000      a + b + c + d  = 12    

231 + 759 = 1000      a + b + c + d = 13

241 + 759 = 1000      a + b + c + d = 14

Dari ketiga contoh, nilai a + b + c + d + e + f = 28

Dari 24 solusi (4x3x2=24, mengapa?) nilai yang tetap adalah a + b + c + d + e + f = 28, sedangkan a + b + c + d nilainya bervariasi 12, 13, 14, 15, 16, 21, 22, 23, 24, dan 25.

Adapun kombinasi jawaban lainnya, silahkan pelajari di sini.

Tuesday, May 8, 2012

SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN

semdik :: usd.ac.id

Informasi

SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN

Kerja sama antara Universitas Sanata Dharma dengan FORSINO

Direkomendasikan oleh Kemdikbud

PENDIDIKAN UNTUK KEJAYAAN BANGSA

Pendidikan sebagai Proses Pembudayaan Pendidikan Karakter

Sistem Evaluasi / Ujian Nasional

Profesionalisme Guru

Pendidikan Entrepreneurship

Jumat s.d. Sabtu, 29 s.d. 30 Juni 2012

08.00 s.d. 17.00 WIB

Download Susunan Acara Seminar Pendidikan

Download Formulir Pendaftaran Seminar Pendidikan

Ruang Drost, Gedung Pusat Lantai IV
Kampus III Paingan
Universitas Sanata Dharma

Y
ogyakarta

KEYNOTE SPEAKER
Prof. Dr Ir MUHAMMAD NUH, DEA. *
MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN RI

PEMBICARA/PEMBAHAS UTAMA:

  • Sri Sultan Hamengku Buwono X (Gubernur DIY)
  • Dr. Bambang Indriyanto ( Kapuslitjak Kemdikbud)
  • Masduki Baedlowi(Lembaga Pendidikan Ma’arif NU )
  • Prof. Dr. Paul Suparno, S.J. (Dosen USD)
  • Prof. Dr. Asvi Warman Adam (Sejarawan LIPI)
  • Drs. Irman Guswan, MBA. (Ketua DPD DPR RI)

Panitia mengundang para peneliti  dan praktisi  untuk presentasi dalam sesiparalel

Makalah dikirimkan via email seminarforsinousd@yahoo.com

paling lambat: 2 Juni 2012

Download Pedoman Tatatulis Makalah Seminar Pendidikan

Kontribusi Peserta dan Pemakalah

  • Umum/Pemakalah: Rp 200.000,-
  • Mahasiswa S2/S3: Rp 100.000,-
  • Mahasiswa S1: Rp50.000,-

Batas Akhir Registrasi Peserta:

22 Juni 2012

Nara Hubung:

  • Bpk. Agung, 081320113840
  • Bpk. Kunjana, 08164266263
  • Ibu.Triprihatmini, 081328707844
  • Bpk. Ronny, 08122790243

*Masih dalam tahap konfirmasi

Friday, May 4, 2012

Galau#3 Lingkaran

Galau#3 ini merupakan lanjutan dari Jangan Galau! dan Jangan Galau #2. Mencoba memberi pencerahan bagi anggota grup matemania yang mengajukan pertanyaan berikut:

Menurut sy, lingkaran tidak punya sisi or no side. definisi sisi / side adalah .... The edge of a polygon or face of a polyhedron are sometimes called sides or A line segment on the boundary of a face, also called a side.
sedangkan Line/garis didefinisikan
A line is a straight one-dimensional figure having no thickness and extending infinitely in both directions. A line is sometimes called a straight line or, more archaically, a right line (Casey 1893), to emphasize that it has no "wiggles" anywhere along its length.
karena tidak ada garis lurus yang membatasi lingkaran, maka lingkaran tak punya sisi... mohon koreksinya... thanks

Tanggapan

Pertama, saya terjemahkan, definisi dalam bahasa Inggris, menggunakan Google Translate. Tentu saja dengan beberapa editing plus keterangan. Bahkan lebih banyak editingnya. GT hanya untuk menangkap ide dasarnya. Juga, ada beberapa kata yang tidak dapat diartikan. Kemungkinan karena salah tulis ;-)

Tepian poligon (bidang-datar-sisi-banyak) atau permukaan polihedron (bangun-ruang-sisi-banyak) kadang-kadang disebut sisi.

atau

Segmen garis pada batas wajah, juga disebut sisi

Definisi garis

Suatu garis adalah gambar ‘lurus’ satu dimensi yang tak memiliki ketebalan dan dapat diperpanjang di kedua ujung. Suatu baris kadang-kadang disebut garis lurus atau, lebih archaically, right line (Casey 1893), untuk menekankan bahwa ia tidak ber"goyang" di manapun sepanjang panjangnya.

Nah, sekarang pertanyaannya

karena tidak ada garis lurus yang membatasi lingkaran, maka lingkaran tak punya sisi.

Kedua, dalam memutuskan ‘dualisme’ dalam matematika, rujuk pada definisi. Sebagimana dalam menyelesaikan permasalahan dalam agama Islam, maka disarankan untuk merujuk ke Al Quran dan Hadits.

Perhatikan bahwa, dalam pertanyaan sama sekali tidak disebutkan definisi lingkaran. Bagaimana kita bisa mengatakan lingkaran punya sisi atau tidak? Sama saja dengan kita menanyakan, “Apakah anu punya anu?”

Akhirnya saya sedikit menemukan jawaban, di grup matematica, dimana saya juga diundang sebagai anggota.

Berikut adalah diskusi kecil di antara mereka. Saya sendiri lebih tertarik untuk menuangkannya dalam bentuk tulisan ini.

  • Galuh Anggi Pratiwi Betul....

  • Zain-al Gaozhan Abidin karena sisi itu berupa garis lurus,begitu?

  • Galuh Anggi Pratiwi Sisi gak harus selalu. Garis lurus kan......

  • Zain-al Gaozhan Abidin trus... kok ga punya sisi?

  • Made Aryawati Punya 1 sisi

  • Jatmiko Budi Sisi bangun datar bisa berupa garis lengkung..

  • Zain-al Gaozhan Abidin iya, kenapa kok lingkaran tidak punya sisi?

  • Zain-al Gaozhan Abidin awalnya, menurutku sisinyua da satu tapi guru matematika lain yang ada di sekolahku bilang ga ada sisinya, trus Q cari-cari referensi.... Q berbalik, ternyata ga ada sisinya tapi alasannya Q kurang pas

  • Galuh Anggi Pratiwi Emng ada bngun yg gk punya sisi Ya???

  • Jatmiko Budi Brarti ya kmbali k definisi yg d pake' nuw, mnrtq sih sisi tu grs yg mmbatasi luasn dr bangun datar..
    Tp tentux yg lbh dpake' definisi dr para ahli geometri deng.. hahaha..

  • Chinjeol Seonsaengnim klau menurutku ndak punya kembali kedefinisi lingkaran adalah sekumpulan titik pada bidang datar yang memiliki jarak yg sama dari satu titik tertentu yang disebut titik pusat. jadi yang melingkar itu ya lingkaran bukan sisi

  • Made Aryawati ternyata tidak punya sisi.betul ika.

  • Ikhsanul Halikin setuju aja dah

  • Jatmiko Budi Oya deng, oke2..
    Tp klo poligon gmn ya, misalx segi4, yg dsebut segi4 tu ke4 grs tu tok ato daerah ddlmx jg trmasuk..??

  • Ikhsanul Halikin cuma garisnya aja mik......

  • Jatmiko Budi Oow, oke2.. siipp.. B-)

Sekali lagi, kembali pada definisi: bagaimana lingkaran didefinisikan?

Berikut saya kutipkan enam definisi lingkaran. Lima definisi dari: http://en.wikipedia.org/wiki/Circle beserta terjemahan bebasnya.

Definisi Lingkaran #1

A circle is a simple shape of Euclidean geometry consisting of those points in a plane that are equidistant from a given point, the centre. The distance between any of the points and the centre is called the radius.

Terjemahan bebasnya:

Suatu lingkaran adalah ‘bangun datar’ sederhana dari geometri Euclid yang terdiri dari sekumpulan titik dalam bidang datar yang berjarak sama dari suatu titik tertentu, yaitu titik pusat. Jarak antara sebarang titik dan titik pusat disebut jari-jari.

Definisi Lingkaran #2

Circles are simple closed curves which divide the plane into two regions: an interior and an exterior. In everyday use, the term "circle" may be used interchangeably to refer to either the boundary of the figure, or to the whole figure including its interior; in strict technical usage, the circle is the former and the latter is called a disk.

Terjemahan bebasnya:

Lingkaran adalah kurva tertutup sederhana yang membagi bidang datar menjadi dua daerah: interior (bagian dalam) dan eksterior (bagian luar). Dalam penggunaan sehari-hari, istilah "lingkaran" dapat digunakan secara bergantian untuk merujuk ke salah satu “batas gambar” saja, atau ke “seluruh gambar termasuk interior”nya, dalam penggunaan teknis yang ketat, yang dimaksud lingkaran adalah yang pertama dan yang terakhir disebut piringan (disk).

Definisi Lingkaran #3

A circle can be defined as the curve traced out by a point that moves so that its distance from a given point is constant.

Terjemahan bebasnya:

Suatu lingkaran dapat didefinisikan sebagai jejak kurva oleh suatu titik yang bergerak sehingga jarak dari suatu titik tertentu adalah konstan.

Definisi Lingkaran #4

A circle may also be defined as a special ellipse in which the two foci are coincident and the eccentricity is 0.

Terjemahan bebasnya:

Suatu lingkaran juga dapat didefinisikan sebagai suatu elips khusus di mana dua fokus ‘menyatu atau menjadi satu’ dan eksentrisitasnya adalah 0.

Definisi Lingkaran #5

Circles are conic sections attained when a right circular cone is intersected by a plane perpendicular to the axis of the cone.

Terjemahan bebasnya:

Lingkaran adalah bagian berbentuk kerucut dicapai ketika suatu kerucut lingkaran tegak dipotong oleh bidang tegak lurus terhadap sumbu kerucut.

Satu lagi definisi lingkaran dari: http://id.wikipedia.org/wiki/Lingkaran.

Definisi Lingkaran #6

Dalam geometri Euklid, sebuah lingkaran adalah himpunan semua titik pada bidang dalam jarak tertentu, yang disebut jari-jari, dari suatu titik tertentu, yang disebut pusat. Lingkaran adalah contoh dari kurva tertutup sederhana, membagi bidang menjadi bagian dalam dan bagian luar.

Sebagai catatan: dengan mengutip dari Wikipedia tidak berarti saya mengandalkan sepenuhnya definisi yang tertulis di situs tersebut. Saya mengutipnya karena mudah diakses dan dengan asumsi Andapun dapat dengan mudah mengaksesnya. Namun, akan jauh lebih baik jika kita mengutip dari buku yang memang membahas topik yang dimaksud.

Diskusi

Nah, definisi manakah yang akan kita gunakan? Sepenuhnya hak Anda, sebagai guru, untuk memilih.

Pada kesempatan ini, saya hanya akan membahas definisi kedua.

Definisi Lingkaran #2

Circles are simple closed curves which divide the plane into two regions: an interior and an exterior. In everyday use, the term "circle" may be used interchangeably to refer to either the boundary of the figure, or to the whole figure including its interior; in strict technical usage, the circle is the former and the latter is called a disk.

Terjemahan bebasnya:

Lingkaran adalah kurva tertutup sederhana yang membagi bidang datar menjadi dua daerah: interior (bagian dalam) dan eksterior (bagian luar). Dalam penggunaan sehari-hari, istilah "lingkaran" dapat digunakan secara bergantian untuk merujuk ke salah satu “batas gambar” saja, atau ke “seluruh gambar termasuk interior”nya, dalam penggunaan teknis yang ketat, yang dimaksud lingkaran adalah yang pertama dan yang terakhir disebut piringan (disk).

Kembali ke pertanyaan awal, “Apakah lingkaran mempunyai sisi?”

Jika kita mendefinisikan lingkaran sebagai “batas gambar” saja –tidak punya luasan–, maka tentu ia tak memiliki sisi. Analoginya, seperti istilah “jeruk kok minum jeruk”?

Sedangkan jika memilih definisi “seluruh gambar termasuk interior” atau berbentuk piringan (disk), maka sisinya ya “batas gambar” itu.

Tantangan

Berdasarkan definisi ketiga, apakah lingkaran mempunyai luas? Silahkan tulis di komentar.

Epilog

Setelah membaca tulisan ini, jika Anda memiliki pertanyaan-masukan-saran-kritik, silahkan tulis di komentar.