Thursday, April 5, 2012

Menulis Rumus di JQuiz

Salah satu konten (muatan atau isi) soal-soal pilihan ganda yang Anda buat menggunakan JQuiz dapat berupa rumus (equation). Untuk menampilkan rumus di halaman Web –dalam hal ini blog Wordpress–, Anda bisa menggunakan LaTeX. Contoh tampilan, misalnya: http://pakarti.wordpress.com/2011/08/30/latex-wordpress/ dan http://pakarti.wordpress.com/2011/08/30/latex/.

Namun, bagi pemula menulis menggunakan LaTeX relatif sulit. Untuk itu, saya akan membahas alternatif yang lebih mudah yaitu dengan memanfaatkan program pengolah kata, Microsoft Word.

Pertama, ketik rumus-rumus yang akan disisipkan di JQuiz. Gunakan fitur Equation. Sebaiknya ketik seluruh rumus, kemudian simpan dalam 1 file yang sama. Klik menu File | Save as, lalu beri nama “rumus”.

Kedua, di folder yang sama dengan lokasi menyimpan file “rumus” akan ada folder bernama “rumus_files”. Didalamnya terdapat file image (gambar) dari rumus-rumus yang telah Anda tulis. Masing-masing rumus terdiri dari dua gambar, dalam format file GIF dan PNG. Pilih salah satu diantaranya. Sebagai saran, gunakan file PNG.

Ketiga, ganti nama (rename) file sesuai nama rumus untuk kemudahan penulisan tautan (link), misalnya menjadi “rumus_ABC.PNG”. Pindah atau letakkan dalam folder tersendiri, misalnya folder “IMAGE”.

Keempat, kembali ke JQuiz. Sisipkan rumus dengan mengklik menu Insert | Picture.

Demikian tutorial menulis rumus di JQuiz, mudah-mudahan bermanfaat.

No comments: